Tips Membeli KOMPUTER

Hello agan dan sista, salam blogger, oya'kali ini saya ingin membahas apa saja sich tips-tips membeli komputer, sebenarnya ini hal kecil menurut saya, orang mau beli komputer ya beli aja ngapain harus ada tips-tipsnya segala, but wait, walaupun hal sepele tapi sangat penting lho, sebagai contoh ketika sobat mau beli komputer untuk keperluan game maka sobat harus menentukan spesifikasinya, tidak boleh main beli sembarangan, nanti nyesel lho, nah kali ini saya akan berbagi tips sama agan bagaimana cara membeli komputer dengan kebutuhan tertentu.
Tips Membeli Komputer
Tips Membeli Komputer

Contoh-contoh spesifikasi komputer adalah :

1. Low-End

Komputer Low-End harganya relatif murah namun penggunaannya hanya untuk sekedar pekerjaan ringan seperti mengetik data dan pemrosesan data tingkat rendah. Contoh spesifikasinya adalah :

  • Dual Core E5400
  • ECS G4IT-M5
  • VISI-On 1GB PC 5400
  • WDC SATA ll 160GB 8MB
  • Speedpower AX-500-S 500W

2. Mid-End

Komputer mid-end harganya sedikit mahal namun penggunaannya dan fungsinya setingkat lebih tinggi dari komputer low-end. Komputer mid-end dapat digunakan untuk aplikasi pengolahan grafis tingkat menengah. Contoh spesifikasinya adalah :
  • Core i5 750 Box(8M Cache, 2.66 Ghz)
  • Biostar T5XE
  • G.SKILL F3-12800CL7D-4GBRM WDC SATA ll 500 Gb 32Mb Green
  • MSI GTX 275 Twin Frozer OC 896Mb 448Bit DDR3
  • Speedpower AX-550-S 550W
  • Lite On DVDRW Sata 24x

3. High-End

Komputer High-End harganya relatif mahal namun penggunaannya dan fungsinya paling superior dibanding komputer mid-end dan low-end. Contoh spesifikasinya adalah :
  • Core i5 750
  • Biostar T5XE
  • G.SKILL 4GB DDR3 1600 Mhz
  • WDC 500GB SATA II 32mb
  • HIS HD 5850 Cypress Pro 1Gb 256Bit DDR5
  • DELL 20 Inch S2009W+DVI 1600x900
  • Speedpower AX-600-S 600W
  • Lite On DVDRW Sata 24x
  • ALTEC Lansing BXR-1221 2.1 by the user by ther user COMPUTER
Ada beberapa gambaran tentang mengenai spesifikasi komputer :

1. Komputer Kantor

Pada umumnya, komputer untuk kantor hanya digunakan untuk mengetik, menjalankan aplikasi kantor, dan browsing internet, sehingga tidak membutuhkan spesifikasi yang terlalu bagus. Cukup dengan pentium 4 Processor 2,4 Ghz, Memori 1gb. Sedangkan untuk VGA dan Soundcard cukup on board fasilitas motherboard.

2. Komputer Multimedia

Komputer multimedia merupakan komputer yang lebih menonjolkan isi hiburan. Biasanya komputer seperti ini memiliki kualitas gambar dan suara yang seimbang. Berikut ini adalah spesifikasi minimal komputer yang cocok digunakan untuk keperluan multimedia, Besar memori hampir sama dengan komputer kantor, namun untuk Motherboard, VGA, dan Soundcardnya harus ditambah (misal VGA Card, GeForce 7200 atau Radeon X 1550 dan Sound Card : Creative Sound Blaster 5.1, Untuk keperluan monitor dapat memakai layar LCD untuk menunjang kualitas gambar.

3. Komputer Warnet

Komputer warnet harus memiliki daya tahan yang tinggi, karena komputer ini biasanya digunakan dalam jangka waktu yang lama. Setelah seorang pelanggan warnet selesai menggunakan sebuah komputer, bisa jadi komputer itu langsung digunakan kembali oleh pelanggan yang lain. Komputer tipe ini tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, karena biasanya digunakan untuk mengetik, chatting, dan browsing Internet, tetapi harus memiliki ketahanan fisik yang cukup baik. Berikut ini spesifikasi minimal komputer yang cocok digunakan untuk warnet.
Motherboard bisa memakai soket LGA 772 (dengan seri Intel DG31GL/B). Untuk Hard disk pakai space yang besar 250gb, VGA dan Sound Card dapat memakai on board fasilitas motherboard.

4. Komputer Multiplayer Game

Komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi game, sehingga harus memiliki kualitas gambar yang baik, dan harus didukung dengan koneksi internet yang baik pula, karena sekarang makin banyaknya para gamer online. Spesifikasinya termasuk kelas menengah dan komputer ini harus memiliki daya tahan yang baik.

5. Komputer Sever

Server merupakan sebuah komputer yang digunakan untuk mengontrol akses pada sebuah jaringan. Server juga menjadi sebuah induk program yang terpusat. spesifikasi pertama yang dimiliki oleh komputer ini adalah kualitas processor yang bagus, memori, harddsik. Karena digunakan 24jam tanpa henti, maka komputer server harus didukung dengan fan pendingin yang bagus. Berikut ini ialah spesifikasi komputer yang bagus digunakan untuk server. Kapasitas memori dapat menggunakan memori 4gb yang DDR3. Sedangkan kapasitas harddsik minimalnya ialah sebesar 500gb. Dan yang terpenting ialah aksesoris berupa pendingin, yang dapat memakai jenis Cooler processor Thermal take dan Fan Casing yang lebih besar.

6. Komputer Grafis

Komputer ini digunakan oleh orang yang menekuni dibidang disen grafis. Wajar jika komputer tipe ini memiliki spesifikasi yang tinggi. Karena program-program grafis membutuhkan hardware dengan spesifikasi yang tinggi pula, agar dapat dioperasikan dengan lancar.

Referensi :

1. ^ Jurus Rahasia Merakit Komputer Tanpa Guru. ISBN 602-7674-18-0

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
February 6, 2021 at 3:04 AM delete

Trims untuk ilmunya, kunjungan balik ya ke blog saya di :
https://agresblog.blogspot.com/
Jika mau mampir ke toko onlinenya juga boleh,
Klik untuk cek toko onlinenya > Toko Komputer Online Terpercaya

Reply
avatar

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.