Fungsi KOMPUTER dan Manfaatnya

Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang fungsi dan manfaat komputer itu sendiri, sebenarnya bicara tentang manfaat komputer, cukup dan beriburibu cukup banyak manfaat komputer, sekarang tergantung pada usernya sendiri bagaimana memanfaat komputer, apakah untuk hal-hal negatif atau positif, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan fungsi dan manfaat komputer kepada agan-agan tentang hal-hal postif saja ya gan.
Fungsi dan Manfaat Komputer
Fungsi dan Manfaat Komputer
berikut beberapa fungsi dan manfaat komputer :

1. Bidang Pendidikan

Model reaktor nuklir pada layar komputer dan tidak lagi perlu membuat model sebenarnya.Hal ini juga untuk menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir karena mengandung radiasi yang tinggi.

Para ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat modul-modul molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing-masing molekul.

Paket aplikasikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bahasa inggris, dll.

2. Bidang Industri

Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan sistem manual atau dijalankan oleh manusia.

Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan, pengawasan proses berarti menyediakan otomasi di dalam operasi proses yang kontinyu. komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang membuat otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variabel-varibel yang mempengaruhi proses produksi.

3. Bidang Ilmu dan Teknologi

Pada bidang IPTEK contohnya yaitu pada bidang pengembangan teknologi nuklir. Para ahli nuklir dapat membuat keadaan tanah serta countour dari suatu daerah. Perjalanan keruang angkasa yang memerlukan ribuan pekerjaan mendetail sangat dimudahkan dengan bantuan komputer, dimana pengawasan dapat dilakukan melalui control di stasiun bumi maupun yang ada dalam pesawat.

4. Bidang Bisnis

Dengan adanya komputer, segala urusan administrasi yang biasanya harus dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan menggunakan komputer. Berbagai aplikasi pengolahan kata dan data sangat membantu di dalam urusan administrasi ini dan berbagai pengolahan data lainnya. Selain itu, kehadiran komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer mungkin akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasi, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dilakukan. Hal ini akan menjadi modal di dalam pengambilan keputusan dan langkah yang akan diambil selanjutnya.

5. Bidang Perbankan

Dibidang perbankan, sengat jelas sekali fungsi komputer ini. Dengan adanya komputer, segala aktivitas perbankan baik simpan pinjam dan transaksi keuangan lainnya dapat berjalan dengan lancar. Adanya sistem yang canggih di dalam komputer perbankan menjamin keamanan dan kerahasiaan dari setiap nasabah. Komputer di dalam dunia perbankan juga berfungsi untuk menyimpan dan mengolah berbagai data.

Aplikasi yang terpasang di dalam komputer juga dapat menjadi salahsatu sumber data analisa untuk mengambil keputusan di dalam mengembangkan diri. Tanpa sistem komputer yang kuat, bidang perbankan tidak dapat berjalan dengan baik.

6. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Bidang pertahanan dan keamanan juga masuk salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga di kendalikan komputer.

7. Bidang Kesehatan

Sekarang ini dunia kesehatan modern telah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas di dunia kesehatan. Salah satu contoh pengaplikasian dunia IT di dunia kesehatan adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG (Ultra Senografi).

8. Bidang Komunikasi

Komputer bisa mengirim dan menerima pesan dari komputer yang lain sampai beribu kilometer jauhnya. Telekomunikasi ialah proses pertukaran pesan di beberapa sistem komputer atau terminal melalui alat media seperti telepon, telegraf dan satelit. E-Mail ialah surat elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu bentuk komunikasi dengan menggunakan komputer. MODEM (Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat audio supaya boleh dihantar melalui telepon. dan

9. Bidang Pemerintahan

pemerintahan sudah mulai menerapkan sistem E-Government, dimana setiap daerah, instansi pemerintahan sudah memiliki sistem informasinya masing-masing atau yang lebih dikenal dengan E-Goverment. Dimana saat ini, penggunaan komputer sudah menjadi kewajiban bagi setiap komponen -komponen pemerintahan. Penerapan E-Goverment ini tentunya untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Seperti pembuatan KTP online, investasi bisnis yang lebih menjanjikan, komunikasi antar daerah lebih meningkat, dan lain sebagainya. Badan pemerintah seperti BMG telah melakukan komputerisasi untuk semua kegiatan mereka, pemantauan cuaca dan lainnya dapat dengan mudah dilakukan dengan penggunaan komputer.

Itu saja dari saya, mungkin ada masukan atau tambahan dari agan-agan atau sista silahkan postkan dikolom komentar.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.