Pengertian Socket dan Slot - (Mengenal Komponen-Komponen Komputer)

A. Socket

Socket adalah tempat dudukan processor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) processor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada processor.
Pengertian Socket dan Slot
Pengertian Socket dan Slot
Istilah socket (nama lengkapnya adalah socket CPU atau socket processor) telah digunakan secara luas dalam dunia komputer untuk menggambarkan konektor yang menghubungkan motherboard dengan processor, khususnya untuk tipe komputer desktop dan server. Processor yang dimaksud disini terutama processor berarsitektur Intel x86.

Banyka kali ditemukan socket-socket pada motherboard yang diproduksi menggunakan arsitektur PGA (Pin Grid Array). Seperti telah disinggung diatas, pada socket tersebut banyak lubang-lubang tempat tertancapnya (diselipkannya) pin-pin atau kaki-kaki processor yang terletak di sisi bawah permukaan processor. Contoh jenis-jenis socket yang menggunakan arsitektur ini adalah :

  • Soket 5 yang memiliki 296 pin CPGA (Ceramic Pin Grid Array)
Soket ini digunakan untuk processor AMD K5 SSA5.

  • Soket A yang memiliki 462 Pin CPGA.
Soket ini biasanya digunakan oleh processor AMD K7 Thunderbird (Athlon Thunderbird). Sebenarnya processor sendiri memiliki 462 pin, 9 pin diantaranya tertutup (tidak ada), sehingga secara nyata hanya memiliki 453 pin. Inilah kekhususan dan tipe soket A (462 Pin CPGA).
  • Soket A (EV6) yang memiliki 462 pin OPGA (Organic Pin Grid Array).
Contoh processor AMD yang menggunakan soket ini adalah Athlon XP.

Dudukan processor pada motherboard tidak selalu berbentuk soket, ada pula yang berbentuk slot, atau dapat dikatakan dudukan berbasis slot (Memang bentuknya lebih mirip slot ekspansi dari pada soket). Processornya sendiri dikemas menggunakan dudukan berbentuk slot yang disebut singel edge connection. Contoh processor AMD yang menggunakan dudukan berarsitektur slot ini, antara lain processor AMD K7 (Athlon Argon, Orion dan Thunderbird).

B. Slot

Slot adalah tempat dudukan atau tempat menyisipkan perangkat tambahan (peripheral), biasanya berupa card, modul memory, atau sejenisnya pada motherboard. Terdapat beberapa jenis slot yang biasanya tersedia pada motherboard, antara lain :
  •  Slot AGP, singkatan dari Accelerated Graphics yaitu sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. Slot ini khusus untuk tempat menyisipkan kartu grafis AGP atau disebut dengan VGA.
  • Slot PCI, singakan dari Peripheral Component
Interconnection slot ini untuk tempat menyisipkan kartu tipe PCI. Perangkat yang dipasang ke slot PCI ini yaitu Lan Card. untuk menghubungkan ke jaringan.
  • Slot ISA, singkatan dari industry Standard Architecture adalah slot untuk tempat menyisipkan kartu tipe ISA, Contohnya Sound Card.
  • Slot RAM, singkatan dari Random Acses Memory adalah tempat/slot untuk RAM.
Macam -macam slot RAM :
  • DDRAM
  • SDRAM
  • EDORAM
  • SIMM

Mengenai artikel Memory RAM sudah saya bahas sebelumnya.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.