Fungsi dan Jenis Port Pada KOMPUTER - (Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER)

* PORT

Dalam protokol jaringan TCP/IP, sebuah port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP  / IP. Sehingga, port juga mengidentifikasikan sebuah proses tertentu di mana sebuah server dapat memberikan sebuah layanan kepada klien atau bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada dalam server. port dapat dikenali dengan angka 16-Bit (dua byte) yang disebut dengan Port Number dan diklarifikasikan dengan jenis protokol transport apa yang digunakan, ke dalam Port TCP dan Port UDP.
Fungsi dan Jenis Port Kompuer
Fungsi dan Jenis Port Kompuer

Karena memiliki angka 16-bit, maka total maksimum jumlah port untuk setiap protokol transport yang digunakan adalah 65536 buah. Port diartikan colokan yang terpasang di bagian belakang case yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen di dalam unit system dengan piranti diluar, sebagai contoh, port untuk menghubungkan camera digital, monitor, mouse dsb.

Port dibagi menjadi 2, yaitu :

1. Port Logika (non fisik), adalah port yang digunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain, tentunya termasuk koneksi.

2. Port fisik, adalah soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer, terdapat jenis port yang tersedia di motherboard di antaranya adalah :

  • Port Serial

Biasa digunakan untuk melakukan transmisi data yang berorientasi pada pengiriman sebuah bit per waktu, karena sifatnya demikian pengiriman data berjalan agak lambat, biasanya digunakan untuk mengkoneksi piranti seperti : Printer, Mouse, modem, PLC. Port ini sering dinyatakan dengan nama COM. Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan pin 9 atau 25 pin.

  • Port Parallel

Port Parallel atau sering disebut port LPT bekerja diatas dasar 8 bit perwaktu, cocok untuk pengiriman data dengan cepat, tetapi dengan kabel yang pendek (tidak lebih dari 15 kaki). Umumnya digunakan untuk printer parallel, hard disk eksternal dan zip drive. Konektor yang digunakan adalah DB-25 yang terdiri dari 25 pin.

VGA (Vidio Graphics) adalah perangkat output yang berfungsi untuk mengubah bahasa mesin menjadi tampilan baik grafis maupun text mode di layar monitor.

  • Port ps2

Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut salah satu jenis port atau konektor untuk keyboard dan mouse. Port PS/2 untuk keyboard biasanya berwarna ungu, sedangkan port ps/2 untuk mouse biasanya warna hijau. Tapi warna tidak menjadi suatu patokan, karena di model CPU lain juga akan berbeda warna portnya. Kedua port ini berbeda fungsi walaupun tampaknya seakan-akan sama, yaitu ukuran/dimensinya sama dan memiliki jumlah lubang pin yang sama. Keduanya tidak saling kompatibel, artinya port PS/2 untuk keyboard tidak boleh digunakan untuk mouse, dan port untuk mouse tidak boleh digunakan untuk keyboard, sebab keduanya memiliki set perintah yang berbeda.

  • Port USB

Sebuah bus I/O (Input/Output) yang dapat mentransfer data hingga 12 megabit per detik. Port USB merupakan yang sangat populer digunakan, yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai piranti seperti camera digital, printer, scanner, zip drive dan sebagainya. Port ini lebih tinggi kecepatannya di bandingkan serial dan paralel.

  • Port Network (RJ-45)/Lan port

Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dan dengan komputer lainnya jaringan LAN (Local Area Network). Juga berfungsi menghubugkan CPU dengan jaringan komputer. Port ini juga biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan internet.

  • Port Sound

Berfungsi menghungkan CPU dengan peralatan audio (speaker, Mic, dan tv turner). Port ini terdiri dari 3 port yaitu line in, line out, dan microphone.

Referensi :

1. ^ Port, ISBN : 602-7674-18-0.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.