Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER

Mengenal Bagian dan komponen komputer, salah satu hasil dari kecanggihan teknologi adalah komputer atau pc. Hampir semua orang yang bekerja di kantor, mahasiswa yang belajar di lab-lab universitas, siswa yang belajar di sekolah, atau anak-anak yang bermain game, baik game online maupun game offline. Pada kesempatan ini saya ingin share sedikit tentang komponen komputer dan kegunaannya, namun untuk sejarah dan versi-versi dari komponen itu sendiri saya akan coba jelaskan di lain artikel ya gan.

Berikut ini adalah komponen-komponen komputer :

1. Casing CPU/Komputer


Casing adalah sebuah perangkat hardware yang berguna menampung semua perangkat-perangkat komputer, seperti motherboard dan komponen-komponen pada motherboard, bahasa mudahnya casing adalah sebagai kardus dan motherboard serta komponen pada motherboard adalah sebagai isi dari kardus tersebut.

2. Motherboard (Mainboard)

Motherboard dan mainboard sendiri adalah gabungan dari dua kata dalam bahasa inggris yang berbeda, MotherBoard adalah kata utamanya Mother yang artinya ibu dalam terjemahan bahasa inggris dan sedangkan MotherBoard adalah terjemahan dalam bahasa inggrisnya Papan, jadi kalau digabungkan menjadi Ibu Papan, begitu juga dengan kata MainBoard yaitu Utama dan MainBoard yaitu papan, jadi kalau digabungkan menjadi Papan Utama, jadi dari arti kata-kata tersebut dapat kita simpulkan adalah perangkat papan utama yang dapat manampung semua perangkat-perangkat hardware yang ada, seperti : socket processor, hetsink kipas pendingin processor, slot memori (RAM), SoutchBradge, NorthBradge, Chip bios, cemos, Slot VGA Card, Slot PCI, Konektor panel dll.

3. CPU (Processor)

CPU adalah singkatan dari kata Control Processing Unit, kalau diartikan dalam bahasa indonesia Unit proses kontrol, namu orang banyak yang menyebutnya otak komputer, mengapa disebut otak komputer ?, karena CPU ini berfungsi mengontrol semua proses-proses yang terjadi pada komputer dan juga bekerjasama dengan RAM, komputer tanpa CPU tidak dapat bekerja alias tidak berfungsi samasekali, saat anda membeli komputer maka hal utama yang harus anda perhatikan adalah CPU, tergantung pemakaian, apakah untuk game atau pekerjaan ringan, seperti komputer kantor yang hanya dipakek untuk memproses data-data ringan, seperti mengetik surat atau lainnya, maka dari itu kalau membeli komputer saran dari saya gunakan processor dari AMD kalau untuk players game, dan Intel untuk yang selain game.

4. Hard Disk

Hard disk adalah tempat penyimpanan data permanen, dalam artian kalau kita akan menyimpan data dalam jangka waktu yang lama maka kita harus menyimpan kedalam hard disk, adapun kapasitas penyimpanan hard disk berfariasi, ada yang 320gb, 500gb, 1tb dan ada juga yang berkapasitas lainnya,

5. CD ROM/Optical Disk

CD ROM singkatan dari Compact Disk Read Only Memory yang berfungsi untuk memasukkan kaset CD kemudian diproses CD yang dimasukkan tersebut, sehingga menghasilkan sebuah informasi dalam bentuk Vidio, Audio, Image, dan dalam bentuk informasi lain.

6. Power Supply
Power Supply adalah penyuplai arus listrik, power supply adalah komponen sangat penting karena tanpa power supply komponen-komponen pada motherboard tidak berfungsi dikarenakan tidak ada arus atau daya yang diterima, sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai Matahari dan Motherboard beserta Komponen-komponennya adalah hewan yang hidup di dalamnya, baikkah hewan itu berupa manusia yang dapat berpikir atau dalam bentuk hewan lain yang tidak dapat berpikir, tanpa matahari jelas hewan-hewan tersebut tidak dapat hidup karena tidak ada energi dan penyuplai HO2.

7. Memori (RAM)
RAM singkatan dari Random Access Memory ialah tempat penyimpanan sementara dalam bentuk acak, fungsi ram ini adalah, ketika anda membuka suatu program, sebagai contoh program MC. Word, maka ketika anda melakukan action-action seperti menekan tombol dan mengklik group atau fungsi tab tertentu pada mc. word, itu semua yang melakukan ialah RAM dan ketika data disimpan di dalam Harddisk itu sudah proses penyimpanan dalam bentuk permanen.

8. Heatsink/Fan Processor

Heatsink adalah perangkat pada motherboard yang berfungsi untuk mendinginkan Processor, letak heatsink pas diatas processor, ketika suatu komputer atau laptop tanpa heatsink maka yang akan terjadi processor komputer akan cepat panas dan akan mengakibatkan komputer mati sendiri secara tiba-tiba.

9. CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor)

CMOS sering orang sebut sebagai baterai jam, kegunaan baterai jam ini adalah sebagai tempat untuk penyimpanan setelan-setelan yang ada pada bios, setelan jam dan tanggal pada leptop, pada dasarnya motherboard tetap hidup walaupun komputer sudah mati, karena batre cmos tetap berfungsi walaupun komputer mati, sebagai buktinya ketika Anda hidupkan komputer setingan jam dan tanggal tetap berjalan, itu tandanya batrei cemos masih berfungsi.

10.Socket dan Slot

Socket adalah tempat letaknya processor dan slot adalah tempat pemasangan ram, lan card, audio card, vga card, pada intinya tempat pemasangan semua jenis card.

11. Port

Port adalah tempat pemasangan jenis-jenis kabel koneksi data, seperti port usb, port lan, dan segala jenis port-port lainnya yang berlubang dan bisa digunakan untuk mentransmisikan data.

12. VGA Card

VGA adalah singkatan dari Vidio Graphich Array yang berfungsi untuk menampilkan kualitas vidio, kalau Anda suka nonton, bermain game dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan graphics, maka VGA yang berkualitas bagus jadi pilihan kedua, selain processor.

13. Lan Card

Lan Card singkatan dari Local Area Network Card yang berfungsi untuk lan rg45, ketika kita mau menggunakan lan maka tempat memasukkan lan rg45 adalah lan card.

14. Keyboard

Keyboard adalah perangkat Hardware yang digunakan untuk proses input, keyboard sendiri terdiri dari banyak huruf-huruf, angka-angka, karakter-karakter, dan lambang-lambang.

15. Mouse

Mouse kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah tikus, kegunaannya adalah untuk mengklik dan klak sesuatu yang kita inginkan, dinamakan mouse karena bentuknya yang seperti tikus, yang mempunyai ekor dan bergeser kesana-kesini persis seperti tikus.

16. Monitor/Lcd

Monitor adalah display hasil kerjasama antara perangkat-perangkat pada motherboard, seperti kerjasama antara processor dan ram dan dibantu oleh Southbradge dan Northbradge kemudian menghasilkan suatu outpun atau informasi yang berguna.

17. Speaker

Speaker adalah soud out yang biasa digunakan untuk menghidupkan musik sehingga bisa menghasilkan suara.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.