Apa Itu CPU (Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER)

* CPU (Central Processing Unit)


Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa inggris : Central Processing Unit; CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain sering digunakan untuk menyebut CPU. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprocessor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
Apa itu CPU
Apa itu CPU
Komponen CPU terbagi menajadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut :

Unit kontrol yang mampu mengatur jalannya program. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit control adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

Dengan demikian tugas dari unit kendali adalah :

  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat masukan (Input) dan keluran (Ouput).
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
  • Mengirim hasil proses ke memori utama.

Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data pengolahan untuk selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. ALU bertugas melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, dan piranti masukan/ keluaran.

Cara Kerja CPU

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing device, pertama kali diletakkan di MAA (melalui Input Storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di working-storage). Jika register siap untuk menerima pekerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari program storage untuk ditampungkan ke instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di program counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasarkan instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah aritmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka control unit akan mengambil hasil pengolahan akumulator  untuk ditampung kembali ke working-storage. Jika pengerjaan secara keseluruhan telah selesai, maka control unit akan menjemput hasil pengolahan dari workings-storage untuk ditampung ke Output-Storage. Lalu selanjutnya dari output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-device.

Fungsi CPU

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpanan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Intstruksi tersebut kemudian disimpan dulu pda memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut dengan alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki. CPU adalah sebuah rangkaian yang meliputi mainboard, processor, harddisk, CD-room, memori (RAM), power suppply, vga. Komponen-komponen tersebut dirakit jadi satu di dalam casing. CPU berfungsi sebagai alat yang mengendalikan proses dalam sistem komputer atau sebagai pusat pengolahan data semua.

Fungsi Utama CPU : Menjalankan program-program aplikasi atau data-data yang akan disimpan di memori utama.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.