Cara Memperbaiki Komputer Tidak Ada TAMPILAN Dan SUARA

kingpediaa - Selamat pagi agan-agan dan sista-sista, apa kabarnya ni ? pastinya baiklah ya !!!, Oya'pada kesempatan kali ini saya ingin sharing sedikit sama kalian semua, mengenai Cara Memperbaiki Komputer Tidak Ada TAMPILAN Dan SUARA berdasarkan pengalaman dan kasus yang saya dapatkan di tempat kerja. Let's we go to explain.

A. Gejala-Gejala
Biasanya setiap komputer yang rusak pasti diawali oleh gejala-gejala yang mengarah ke hal tersebut "hal tentang kerusakan komputer tersebut", persis seperti kita mau sakit demam diawali dengan gejala-gejala menggigil, gemetar, sakit otot dan sendi, sakit kepala terkadang berkeringat, jantung berdetak kencang atau palpitasi (berdebar), kulit memerah, merasa pingsan/pusing, kelemahan, dengan suhu yang tinggi (> 104 F/40 C), kejang-kejang, halusinasi atau kebingungan bisa saja terjadi. Begitu juga dengan komputer, gejala kerusakan komputer tidak ada tampilan dan suara adalah lampu led indikator nyala, layar tidak ada tampilan dan speaker tidak berbunyi, letak kasus kerusakan ini pada processor.
Letakkan Processor Dalam Motherboard
Letakkan Processor Dalam Motherboard 
Adapun langkah-langkah perbaikannya sebagai berikut :

1. Pastikan kondisi monitor dan speaker baik.
2. Mulai memeriksa bagian processor.
3. Matikan komputer.
4. Lepaskan semua konektor yang menempel pada casing CPU (konektor power, keyboard, mouse, monitor, printer, dan lain-lain).
5. Buka kesing CPU dengan melepas semua sekrup yang ada.
6. Perhatikan komponen processor dengan fun di atasnya
Komponen Processor dan Fun di Atasnya
Komponen Processor dan Fun di Atasnya
7. Lepaskan kipas/fun processor.

8. Perhatikan komponen processor dengan socketnya.
Processor Terpasang Pada Soketnya
Processor Terpasang Pada Soketnya
9. Lepaskan processor dari soketnya, dengan melepaskan kait pengunci ke atas kemudian mengangkat processor.
10. Bersihkan kaki-kaki processor.
11. Bersihkan socket processor.
Soket Processor
Soket Processor
12. Pasang kembali processor dengan benar (jangan sampai terbalik) pin 1 pada processor terdapat tanda titik di salah satu sudut.
13. Perhatikan kondisi processor baik  (jika mati silahkan ganti).
14. Tutup kembali kesing CPU dengan memasang semua sekrupnya.
15. Pasang kembali semua konektor power, keyboard, mouse dan monitor.
16. Hidupkan komputer.
17. Apabila kondisi komputer masih tidak ada tampilan dan bunyi suara, maka kemungkinan kerusakan pada komponen ROM Bios atau Kristal atau Chipset, silahkan mengganti apabila ada di pasaran, namun jika tidak diketemukan penggantinya, silahkan membeli satu blok motherboard.

Sekian artikel ini moga bermanfaat dan dapat membantu agan/sista dalam menyelesaikan masah komputer yang berkenaan dengan Cara Memperbaiki Komputer Tidak Ada TAMPILAN dan SUARA.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.