Cara Mengatasi Laptop/Notebook Mati Total

Optimisinfo - Pada dasarnya kerusakan-kerusakan yang terjadi pada laptop adalah sama dengan kerusakan-kerusakan umum yang terjadi pada komputer/PC. Hanya cara mengatasinya yang berbeda, seperti penggantian komponen-komponen utama pada laptop sedikit rumit di banding pada komputer PC. Hal ini disebabkan banyak komponen yang sudah onboard dan berbentuk chipset, sehingga apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen terpaksa harus mengganti satu block.

Oke, pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan kepada agan-agan atau sista-sista mengenai kenapa laptop MATI TOTAL. Biasanya gejala laptop/notebook mati total adalah semua lampu led indikator tidak menyala. Adapun letak kerusakan ini biasanya pada power supply, kenapa begitu ?, dikarenakan power supply sebagai pembangkit listrik/penyedia arus listrik, jadi otomatis ketika power supplynya rusak sudah pasti tidak dapat memberikan tegangan kepada laptop tersebut, sedangkan syarat sebuah laptop untuk bisa hidup adalah dengan syarat harus ada tegangan listrik yang akan menyuply ke motherborad dan ke komponen-komponen secara keseluruhan sehingga terjadinya kerjasama yang baik dan akan membuat sebuah laptop/notebook hidup.
Cara Mengatasi Laptop Mati Total
Cara Mengatasi Laptop Mati Total
Logika sederhananya seperti berikut, anda mempunyai sebuah laptop, kita bilanglah merknya axioo dalam kondisi bagus tanpa ada masalah. Masalah yang saya maksud disini seperti batre heng atau laptopnya mati sendiri secara tiba-tiba. Kalau laptop anda dalam kondisi sehat/bagus silahkan anda cas hingga batrenya 100% penuh, kemudian cabut Adaptornya dan pastikan laptop anda tetap hidup dalam waktu lama walaupun tanpa terpasang adaptor pada laptop anda, kemudian silahkan anda matikan laptop dan cabut batre lalu  hidupkan kembali tanpa terpasang adaptor, dan yang terjadi laptop anda tidak dapat hidup, alasan kenapa tidak dapat hidup sederhana karena laptop tersebut tidak mempunyai arus atau tegangan listrik yang bisa dia ambil sebagai sumber untuk bisa hidup. Ketika batre anda pasang kembali pasti laptop anda akan hidup kembali dikarenakan sudah mendapatkan arus atau tegangan listrik dari batre tersebut, adapun kenapa batre tersebut mempunyai arus padahal adaptor tidak terpasang, karena sebelumnya sudah kita cas hingga mencapai 100%, adapun maksud dari 100% tersebut ialah arus listrik sudah tersimpan di dalam batre tersebut penuh, dan dapat disimpulkan fungsi dari batre tersebut ialah media penyimpanan, namun yang tersimpan di dalam batre dalam bentuk arus listrik, sehingga kalau sudah dicas laptop tetap dapat hidup walaupun tanpa adaptor, dikarenakan dia sudah mendapatkan arus dari batre dan batre sendiri mendapatkan arus dari adaptor terus adaptor mendapatkan arus dari sumber sumber itu sendiri. Nah, dari penjelasan di atas maka dapat saya simpulkan bahwa laptop anda mati total dikarena power supply rusak.

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Pastikan sumber tegangan listrik PLN baik.
2. Pastikan kondisi kabel power (penghubung antara listrik PLN dengan adaptor) tidak putus.
3. Mulai memeriksa bagian adaptor power  supply (PSA).
4. Periksa tegangan output menggunakan multimeter, apakah besarnya tegangan output masih baik (besarnya sesuai dengan ukuran pada label) atau lemah atau tidak ada sama sekali.
5. Apabila tidak ada tegangan output atau lemah dapat dipastikan kerusakan pada adaptor, lanjutkan pemeriksaan bagian dalam adaptor (seperti sekering, elco, trafo, dan sebagainya) atau langsung ganti adaptor baru. Cara pemeriksaan komponen dalam adaptor laptop sama dengan komponen pada power supply pada komputer pc.


6. Apabila ternyata kondisi adaptor bagus, maka kerusakan ini dapat disebabkan oleh komponen dalam laptop ( seperti processor atau chipset mati).

Sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah mengenai Laptop/Notebook Mati Total.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.