Langkah Memulai Microsoft Excel

A. Pembuatan Lembar Kerja Baru (WorkBook Baru)

Workbook adalah tempat menyimpan data di dalam Excel. Langkah-langkah dalam membuat workbook adalah sebagai berikut :

   1.Click Office Button Pilih New
   2.Pilih Icon Workbook
   3.Click Blank Workbook
   4.Click create untuk membuat lembaran baru

Memasukkan Data

Langkah-langkah memasukkan data ke dalam sel adalah sebagai berikut :

1.Letakkan POINTER di sel yang akan kita ketik
2.Ketik datanya, data yang diketik akan tampil di sel aktif dan Formula Bar
3.Akhir dengan tekan tombol enter, anak panah atau dengan menggunakan mouse, untuk membatalkan pengetikan yang sudah kita ketik tekan tombol Escape.

Apabila data yang dimasukkan berupa Teks maka secara otomatis Ms. Excel akan meratakan tulisan sebelah kiri bila data itu berupa Angka Ms. Excel akan meratakan sebelah kanan.
Langkah Memulai Microsoft Excel
Langkah Memulai Microsoft Excel
Memperbaiki Data 

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki data :

1.Langsung pada sel yang aktif
   a.Tekan tombol F2 pada keyboard atau double klik pada sel tersebut 
   b.Perbaiki datanya dan akhiri dengan menekan tombol Enter   
2.Melalui Formula bar :    
   a.Aktifkan sel yang akan diperbaiki    
   b.Klik mouse pada Formula Bar    
   c.Perbaiki data dan akhiri dengan tombol Enter

Menghapus Data 

Ada beberapa langkah untuk menghapus data :

1.Aktifkan sel yang akan dihapus (jika satu sel) atau Block data yang akan dihapus (jika lebih dari satu sel) 
2.Tekan tombol Delete yang ada di keyboard atau pilih menu Edit pilih Cut

Menyimpan lembar kerja ke dalam bentuk file (Workbook)

Proses penyimpanan data adalah Save, Save As dan Save As HTML, Perbedaan antara ketiga tersebut adalah :

   • Save : Menyimpan dengan File baru jika sebelumnya belum pernah ada file atau menyimpan              dengan nama yang sama jika sudah ada File   
   • Save As : Menyimpan dengan nama File yang baru   
   • Save As HTML : Menyimpan dengan nama File yang baru dengan merubah data menjadi HTML

Langkah-langkah penyimpanan tersebut adalah :
   
  1.Klik Tombol Office Button    
  2.Pilih Save maka akan terlihat kotak dialog Save As    
  3.Pada : - Save In : Tentukan Drive atau Directory dimana file akan disimpan    
  4.Rubah nama File Namenya kemudian klik tombol Save


Sekian tutorial yang dapat saya sharing, semoga bermanfaat, jangan lupa juga baca Pengertian Microsoft Excel dan Fungsi Tool Sederhana.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.