Pengertian VGA dan Fungsinya - (Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER)

* VGA Card


VGA Card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA Card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA Card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
Mengenal VGA Card
Mengenal VGA Card
VGA singkatan dari dari Vidio Graphics Accelerator, berfungsi untuk mengolah data graphics dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga. Jaman sekarang motherboard yang beredar di  pasaran banyak yang menggunakan VGA onboard sehingga anda tidak perlu membeli VGA card lagi, hal ini sangat membantu untuk menghemat biaya pengeluaran.

Perbedaan antara VGA OB (On Board) dengan VGA yang terpisah dengan motherboard adalah sebagai berikut :

  • VGA OB tidak memiliki memory sendiri sehingga VGA OB menggunakan sebagian kapasitas RAM yang ada di dalam komputer untuk bekerja, sehingga akan membuat kinerja RAM menjadi lambat, tapi sekarang beberapa produsen motherboard sudah meluncurkan motherboard dengan VGA OB dan memiliki memory sendiri.
  • VGA OB mempunyai kinerja yang lebih rendah bila dibandingkan dengna VGA eksternal, tapi jika komputer anda tidak terlalu digunakan untuk bermain game terutam game 3d yang terbaru yang membutuhkan kapasitas VGA yang lebih besar makan anda masih bisa mengandalkan VGA OB yang anda miliki, sekarang banyak motherboard dengan VGA OB yang bisa menandingi bahkan mengungguli kinerja VGA eksternal.
  • VGA OB berbentuk lebih kecil dengan VGA eksternal, hal ini bertujuan untuk menghemat biaya pembuatannya, ukuran kecil ini biasanya disebut dengan microATX (mATX VGA card) atau graphics card mempunyai fungsi untuk menampilkan gambar/vidio yang diproses atau dihasilkan komputer. VGA card tidak sama dengan VGA Port, VGA Card sifatnya exsternal sedangkan VGA Port onboard/internal terpasang langsung di motherboard. VGA card mempunyai kapasitas memory, semakin besar kapasitasnya memory semakin baik pula hasil gambarnya dan bagus digunakan untuk main game.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.