Apakah itu Motherboard ? (Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER)

*Motherboard/Mainboard

Motherboard (sering disebut juga dengan mainboard) dapat diibaratkan sebuah kota yang berisi gedung-gedung, jalan-jalan raya, beserta instruktur lainnya. Jadi gambaran secara teknis, motherboard adalah sebuah kota sesungguhnya dari sistem komputer. Gedung-gedung dapat diibaratkan sebagai device (periferal), rumah sebagai kumpulan chipset dan jalan-jalan dapat diibaratkan sebagai sirkuit elektrik yang menghubungkan setiap device tersebut.
Apakah itu Motherboard
Mengenal Motherboard
Power Supply yang memberikan energi yang 'menghidupkan' kota, dapat diibaratkan sebagai pusat pembangkit listrik. Secara nyata, motherboard adalah sebuah kepingan papan electronic (PCB/Printer Circuit Board) yang berfungsi untuk menyediakan tempat (socket, slot & connector) bagi komponen-komponen tersebut, lalu mengatur dan mengkoordinir mereka agar dapat bekerjasama dengan baik. Komponen itu seperti processor, memory, vidio card (VGA), device connector (Printer, scanner, monitor), dan sebagainya. Wadah tempat mereka diletakkan pada processor mempunyai istilah tersendiri seperti socket, slot atau connector. Dan seperti umumnya pada PCB, motherboard juga berisi jalur sirkuit elektrik yang menghubungkan setiap komponen tersebut.  Sirkuit menyediakan tempat untuk mentransfer sinyal dan voltase (Power). PCB sendiri terdiri dari beberapa lapisan (biasanya disebut layer), dan setiap layer berisi jalur sirkuit tersendiri, hingga setiap jalur yang rumit tidak perlu berhubungan dengan jalur lain yang tidak terkait. Semakin banyak layer pada motherboard (biasanya 4 - 8 layer) maka akan semakin berkualitas, karena mengurangi adanya gangguan interferensi. Motherboard mendapatkan supply tenaga dari power supply.

*Bagaimana Cara Kerja Motherboard ?

Ketika sebuah komputer dinyalakan, yang pertama kali berproses adalah BIOS yang akan memverifikasi komponen yang dipasang sistem PC, seperti type processor, memory add-on card, dan komponen lainnya. BIOS mendapatkan power dari sebuah baterai yang berfungsi ketika komputer dimatikan  (power-off), jadi data yang disimpan pada chip tidak akan hilang. Ketika BIOS selesai memverifikasi informasi dari seluruh komponen yang terinstall,  maka tugas akan beralih ke-chipset yang mengontrol seluruh device / komponen. Chipset mengatur processor ketika menginstruksikan atau meminta data dari memory, transfer data dari memory ke HDD dan komponen I/O yang ada.

Pertama kali sistem akan mendeteksi OS (System Operasi) yang dipakai, dari sinilah sistem hardware & software akan terhubung dan bekerjasama. Jika OS dapat dideteksi maka sistem akan bekerja sebagaimana mestinya. Beberapa macam OS yang umum digunakan adalah Micrososft Windows, Linux atau DOS.

*Apa Saja yang Ada Pada Motherboard  ?

Secara sederhana sebuah MB akan berisi : PCB Utama, Processor Socket /Slot, Memory slot, PCI Slot, IDE Slot, Chipset, BIOS, I/O Connector (Parallel, Serial, Sound, USB, PS/2), power connector dan beberapa komponen elektronik lain.Pengertian slot dan konektor adalah tempat dimana device lain dapat di-instalasikan sesuai standarnya masing-masing. Misalnya processor akan diinstall pada processor socket, memory pada memory socket, Sound-Card pada PCI slot atau keyboard yang bisa dipasang pada Port USB atau PS/2.  Motherboard adalah papan utama yang berfungsi untuk menyediakan tempat  (socket, slot & connector) bagi komponen-komponen tersebut, Motherboard terdapat komponen-komponen chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard serta mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Pada motherboard terdapat socket untuk processor, memory dan slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound-Card, internal modem, dan lain-lain.

* Fungsi Motherboard : 


  • Sebagai alat untuk tempat memasang komponen-komponen antara lain processor, Memori (RAM), Kartu Grafis dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.
  • Menghubungkan antara komponen-komponen dalam CPU dengan menggunakan kabel atau langsung di tancap ke socket, slot yang terdapat di mainboard.
  • Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang di MB (motherboard).   
  • Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC
  • Mengatur semua lalu lintas data, mulai dari piranti penyimpan data  (harddisk, memori), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner) atau printer untuk mencetak. 
Referensi :

1. ^ Motherboard/Mainboard. ISBN 602-7674-18-0

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.