Apa Itu PREFETCH dan Apa Kegunaanya

optimisinfo - Ada banyak cara untuk mempercepat kerja komputer, yaitu dengan rutin melakukan maintanance terhadap komputer, adapun salah satu hal yang harus kita lakukan ketika hendak memaintance komputer adalah dengan menghapus file-file di dalam folder prefetch. Tetapi perlu diketahui juga bahwa sebagian "mitos". Beberapa bahkan hingga saat ini masih menjadi kontroversi.
Mengenal Apa Itu Prefetch dan Kegunaannya
Mengenal Apa Itu Prefetch dan Kegunaannya
Cara mempercepat komputer cukup banyak dibahas pada artikel-artikel blog, forum-forum, dan salah satu tips dan triknya itu adalah dengan cara menghapus file-file pada prefetch tersebut. Nah, oleh karena demikian kingpediaa pada kesempatan kali ini ingin mengajak anda untuk mengupas lebih detail tentang apa itu prefetch dan kegunaannya.

Apa itu Folder Prefetch ?

Prefetch ialah komponen windows yang mulai dikenalkan di windows XP. Folder prefetch terletak di C:\Windows\Prefetch

Apa Fungsi Folder Prefetch ?

Prefetch berfungsi untuk "merekam" data dan informasi detail tentang program-program yang di load di komputer. Jadi windows akan mentracking bagaimana aktivitas komputer kamu ketika nge-load program yang sering kamu buka.

Misalnya saja ketika kamu mengakses MPC-HC untuk meminkan vidio, windows akan banyak mengakses file untuk mulai menjalankan player tersebut. Dan informasi mengenai file apa saja yang diakses untuk menjalankan MPC-HC saat digunakan untuk menjalankan vidio akan direkam dalam folder prefetch.

Tujuan Folder Prefetch ?

Berdasarkan fungsi tersebut, Microsoft menciptakan fitur prefetch dengan tujuan untuk mempercepat akses ketika membuka program yang sering kamu gunakan, berdasarkan informasi yang telah direkam Windows saat menjalankan program tersebut sebelumnya.

Prefetch ibaratnya menjadi sebuah peta , diman windows tidak perlu mencari-cari "alamat rumah seseorang" karena sebelumnya telah mencatat dengan lengkap jalan menuju rumah orang tersebut. Tanpa informasi yang ada di prefetch, maka setiap kali windows akan menuju ke "alamat rumah seseorang", maka dia akan menelusuri setiap jalan dari awal lagi, padahal dia sudah pernah menemukan rumah tersebut sebelumnya dan sudah mencatat petanya dengan lengkap.

Dengan adanya prefetch, maka proses mengkases program yang sering dibuka maka akan berjalan lebih efektif, capet dan tertarget.

Menghapus Folder Prefetch Bisa Mempercepat Komputer ?

Untuk mengetahuinya winpoin melakukan benchmark pada windows 7, dimana yang satu folder prefetch dibiarkan dan satunya lagi dihapus. Hasilnya seperti ini :

Waktu booting windows 7 : 45 detik
Waktu booting windows 7 tanpa prefetch  : 61 detik

Membuka Word 2010 di Windows 7 : 5 detik
Membuka Word 2010 di Windows 7 tanpa prefetch : 7 detik

Membuka Firefox 20 di windows 7 : 2 detik
Membuka Firefox 20 di windows 7 tanpa prefetch : 4 detik

Alasan Kenapa Tanpa Prefetch Booting Windows 7 winpoin Malah Lebih Lama

Windows memang sudah mendesign untuk mentracking setiap informasi dari aplikasi yang di load dan mencatatnya di folder prefetch. Proses mentracking, mencatat, dan menyimpan file di folder prefetch ini tentu saja membutuhkan waktu.

Ketika isi prefetch di hapus, maka windows akan membuat prefetch lagi yang baru, dan ini perlu waktu. Maka tidak heran jika tanpa prefetch Windows 7 yang winpoin uji berjalan dengan sedikit lebih lambat.

Belum lagi menghapus prefetch sama artinya dengan menghapus "peta" yang sudah dicatat oleh windows untuk bisa mengkses program dengan cepat. Hal ini membuat Windows harus mencari ulang dan mencatat ulang berbagai aktivitas spesifik seputar menjalankan program yang sering di akses.

Haruskah Menghapus Folder Prefecth ?

Sama seperti hidup dan berbahagia menghapus prefetch adalah hak setiap orang, kamu bebas untuk menghapus prefetch jika memang setelah kamu benchmark, performa komputer kamu lebih bagus daripada sebelum dihapus.

Hanya saja ada beberapa fakta menarik seputar prefetch ini :

  • Jika kamu tidak menjalankan program, maka windows tidak mengakses informasi yang ada di prefetch. Jadi apa adanya folder prefetch sebenarnya tidaklah merugikan.
  • Windows membatasi hanya ada 128 entry saja di dalam folder Prefetch. Windows secara otomatis membersihkan Prefetch dengan sendirinya.
Jadi ketika folder prefetch dihapus, yang ada malah menjadikan Windows harus membuat dan menyimpan lagi file prefetch dari awal, dan proses itu tentu saja perlu waktu.

Sekian tutorialnya, semoga bermanfaat ya gan.

Bahan acuan artikel ini bersumber dari :
http://winpoin.com/apakah-menghapus-prefetch-bisa-menjadikan-komputer-lebih-cepat/

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.